Soal dan Petunjuk Teknis UAS Prodi Antropologi 11-15 Mei 2020



Dear all, 

Mahasiswa prodi antropologi pada semester 2019/2020 yang menempuh matakuliah berikut:

Angkatan 2017
Pembangunan dan kebijakan pariwisata
Masyarakat tradisi dan budaya spiritual
 
Angkatan 2018
Antropologi kesenian
Antropologi museum

 

Salam sejahtera, semoga dalam keadaan sehat, semangat dan bahagia selalu ditengah situasi kondisi pandemi. Semoga tetap khusyuk berburu pahala bulan Ramadhan bagi yang menunaikan. Semua matakuliah di atas merupakan matakuliah pilihan. Tetapi tidak perlu kita mendikotomikan “wajib atau pilihan”, karena semua ada UASnya dan melahirkan nilai yang akan menghiasi KHS kalian. Belajar adalah proses, UAS hanyalah satu dari bagiannya. Dalam kesempatan ini saya akan membagikan informasi khusus dan umum sebagai “penyemangat” pada assessment atau evaluasi belajar semester genap yang luar dari biasanya ini. 

Informasi umum

1.       Berdasarkan informasi dari rektorat, bahwa untuk UAS semester ini kehadiran mahasiswa 80% tidak menjadi prasyarat UAS karena adanya kendala2 dalam masa pandemi. Jadi, selama kamu merasa terdaftar sebagai peserta matakuliah di atas, kamu berhak mengikuti dan mengumpulkan tugas UAS. Jika ada kendala sakit, tidak punya sinyal dsb, mohon konfirmasi dan komunikasi terlebih dahulu. Jangan seperti gebetan, kadang suka menghilang, lalu datang~

2.       Jadwal UAS telah saya ajukan ke bag. akademik. Saya memilih jadwal dengan menyamakan hari dan matakuliah kita. Maksudnya bagaimana? Semisal matakuliah PKP (2017) dan antropologi kesenian (2018) menurut jadwal normal adalah hari senin. Berarti, nanti 11 Mei (senin) juga menjadi jadwal UAS, begitu seterusnya dengan matakuliah lain. Pengampu dan bag. Akademik menyatukan hati visi menyusun jadwal terbaik (baca: tidak bentrok), jadi, kerjakan sebaik mungkin dari sekarang.    

3.       Seluruh instruksi UAS dan pengumpulan dilakukan “satu pintu” melalui platform google classroom, sehingga takkan ada cinta platform yang lain~

4.       Untuk bahan-bahan (semua) matakuliah penunjang UAS dan kenang-kenangan (ya kan siapa tahu dibuat kitab suci pas nulis skripsi) tersedia di google drive masing-masing kelas. Ada juga modul padat, singkat dan ala ala saya yakni pada: Matakuliah Pembangunan dan Kebijakan Pariwisata dan Matakuliah kesenian

Informasi khusus

1.                                Untuk matakuliah mahasiswa angkatan 2017

                - Pembangunan dan kebijakan pariwisata
                - Masyarakat tradisi dan budaya spiritual

Kedua matakuliah UAS berbentuk project yakni tulisan berbentuk opini, esai, artikel. Kerjakan sebaik mungkin dan prioritaskan untuk mengumpulkan UAS sesuai jadwal yang ditetapkan. Namun apabila mahasiswa memiliki inisiatif dan kreatif, dengan mengunggah tulisan untuk UAS tersebut publikasi di salah satu kanal media daring—website dengan ketentuan kanal media melakukan proses kurasi (editing) dalam rentang waktu tanggal 11-23 Mei (tanggal ini sudah malam takbiran), maka nilai mahasiswa pada matakuliah tersebut “A” (silahkan konfirmasi dengan membagikan buktinya). Publikasi selain tanggal di atas, gugur, karena telah memasuki tenggat penyerahan rekapitulasi nilai ke pihak akademik.

                
                Berikut kanal yang direkomendasikan (klik tautan): 

Pariwisata

telusuri.id 
wirta.id (tema kebijakan dll ada)

Tradisi, budaya, spiritual, islam

alif.id, iqra.id

Lain-lain, esai opini sosial-budaya, termasuk pariwisata dan tradisi spiritual

basabasi.co, nyimpang.com, voxpop.id, qureta.com, ekspresionline.com, satupena.id
menjadimanusia.id
nusadaily.com dan imperiumdaily.com (base di Malang)


2.                           Untuk matakuliah mahasiswa angkatan 2018

  •  Antropologi museum berbentuk project. Kerjakan sebaik mungkin dan prioritaskan untuk mengumpulkan UAS sesuai jadwal yang ditetapkan. Namun apabila

    mahasiswa memiliki inisiatif dan kreatif membagikan—mengunggah infografis UAS di laman instagram pribadinya dan mendapat respon dengan jumlah like berjumlah 70-100 orang lebih dalam rentang waktu tanggal 11-23 Mei (tanggal ini sudah malam takbiran) maka nilai mahasiswa pada matakuliah tersebut “A” (silahkan konfirmasi dengan menandai akun IG saya). Publikasi selain tanggal di atas, gugur, karena telah memasuki tenggat penyerahan rekapitulasi nilai ke pihak akademik.

 

  • Antropologi kesenian berbentuk ujian tulis. Akan dipilih mahasiswa dengan nilai tertinggi di kelas (dengan kriteria performa tugas terstruktur, keaktifan kelas off dan on, UTS, UAS) untuk memperoleh reward (giveaway nih). Oleh karena UAS berbobot tinggi, maksimalkan komponen ini dengan membaca modul yang disediakan, dan bahan perkuliahan. Berikut kisi-kisi UAS Antropologi kesenian:

1.     Seni pertunjukan

2.     Seni rupa

3.     Seni sastra

4.     Seni Visual

5.     Teori dan metode dalam perspektif antropologi kesenian


Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga dapat memfasilitasi kebutuhan belajar, feel free untuk berdiskusi dan pertanyaan lainnya.

Kuliah santai tujuan tercapai, tetap semangat UAS di masa corona!

  

Salam hangat,

Malang, malam ke sekian bulan Ramadhan 1441H

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Harus Bicara

Jika Biaya Kuliah Mahal, Apa yang Harus Kita Jual? (Mengintip Kebijakan UKT Universitas Brawijaya)

Antropologi ditengah Pasar