Bahagia itu Bisa Sederhana: Melihat Pasangan K-drama Jadian di Dunia Nyata


Sebenarnya, saya ingin membahas kasus video syur GA dan MYD, pembubaran salah satu ormas belakangan ini dalam bumbu demokrasi. Mengingat keduanya serasa “meresahkan” terlebih saat melihat respon-respon netijen di linimasa media sosial. Tapi saya rasa tulisan itu akan menjadi sekedar opini tanpa dasar nan sambil lalu jika tidak disertai literasi. Saya merasa, hidup saya ini semakin mengarah pada budaya audio-visual daripada budaya menulis dan membaca cetak. 

Perhatian saya teralih pada hal-hal budaya populer. Di tanggal satu di tahun 2021 dua ribu dua puluh satu ini, ketika saya membuka laman media Facebook. Yeah, percayalah saya masih “main” Facebook dengan alasan: mencari informasi, lowongan dan peluang penelitian. Iya, baru saja saya bergabung grup Facebook yang intinya menyatukan “Pecinta Korea Drama”. Tujuan saya dua: hiburan dan “penelitian” tipis-tipis. Di tengah penyesuaian pandemi ini, saya terdorong pula ingin melakukan penelitian media, konsumen, netnografi dengan tema-topik popular terkait budaya popular, seni atau media. Namun demikian, ternyata yang dominan adalah dorongan hiburan!


Sebuah kabar gembira di tahun baru, pasangan selebritis baru.Usut punya usut, salah satu media Korea Selatan rupanya memiliki “tradisi” mengumumkan skandal, rumor, kencan aktor aktris idol setiap awal tahun. Dan…..surprise! RIRI couple berlayar kurang lebih delapan bulan setelah drama CLOY. Dalam postingan grup Facebook tersebut membagikan berita pasangan CRASH LANDING ON YOU, SON YE JIN dan HYUN BIN dikonfirmasi dating!!! Awwww…that s sweet! Very sweet

Mari kita flashback sejenak~
Awal 2020, begitu roller coaster. Saya ingat waktu itu, bulan Maret, sehabis kelas MKI sebelum UTS. Saya make up class di gedung FIB B. Suasana waktu itu sudah sedikit heboh karena penyebaran virus yang berasal dari luar. Lalu, kelas berakhir dengan cepat. Mahasiswa-mahasiswa yang duduk di depan saya tampak “heboh” setelah melihat ponsel mereka. Ternyata, setelah saya pulang ke rumah, dikabarkan virus tersebut sudah tiba di Indonesia. Pasien 01-02-03 menjadi berita.  


Kegiatan beralih menjadi serba daring, termasuk perkuliahan. Waktu saya menjadi bertambah untuk leisure. Dan, ada drama viral berseliweran. Awalnya juga dari adik saya yang bercerita keviralan drama ini. Akhirnya, setelah lamaaaa sekali tidak menonton drakor (terakhir menonton drama bergenre “menegangkan” Voice) saya mengisi quarantine time, stay at home dengan menonton CRASH LANDING ON YOU. Nama Hyun Bin tidak asing karena, drama Secret Garden. Meski tidak menontonnya, tetapi pernah mendengarnya. Saya tidak begitu hafal nama aktor aktris

Korea, boyband demikian (baru setelah masa corona ini sedikit ngeh karena saling bermunculan di drama yang satu dengan lainnya). Dari satu drama, seperti judul CLOY ini, di setiap episode bisa “melepaskan” merilis emosi dari tertawa, menangis, sebal, gemas, terharu dll. Terlebih setelah menyaksikan percintaan ikonik menggambarkan dua warga dari utara dan selatan ini, begitu merasakan sensasi campuran! Aktris Son Ye Jin meski kali pertama menyaksikannya, saya merasakan bahwa ia berakting dengan totalitas. Mungkin karena di drama CLOY bagaimana ia beralih dari perempuan gaya glamor mewah cuek dengan cinta tiba-tiba terdampar di utara dan “dipaksa” menjalani hidup yang sederhana ala desa. Chemistry Bin Jin couple ini...serasa seperti nyata, terlihat dari tatapan mata.

Setelah menyaksikan drama ini, satu per satu saya mencicipi drama dan film Korea. Beberapa film dan drama Son Ye Jin sengaja saya cari dan ingin saksikan demi melihat bagaimana aktingnya dan menghayati perannya. Saya juga sepintas melihat track karir, filmografi dan percintaan eonni cantik ini. Dan benar, beberapa judul film dari Son Ye Jin yang saya tonton begitu menarik, romantis seperti A Moment to Remember, White Night, April Snow, The Classic (ini rekomen banget), Be With You dan drama Shark.   Drama CLOY project ke dua antara pasangan Bin Jin ini setelah satu film berjudul The Negotiation. saya tidak menyaksikan film ini. Tetapi, rasanya, karena perjumpaan mereka dalam film ini membawa Hyun Bin oppa ingin kembali beradu peran dengan Son Ye Jin. Finally, mereka dipertemukan dalam CLOY. Ini seperti Song-Song couple dalam drama fenomenal drama DOTS yang saya tulis disini hingga membawa mereka ke pelaminan sungguhan. Sama, pasangan ini pun dikagumi fans sejuta umat drakor. Namun…kini “kapal” telah karam.


Saya tidak tahu mengapa saya ingin menulis ini. Memang menyaksikan drama dan membayangkan peran utama pria dan wanitanya sungguh bersanding di kehidupan nyata, ternyata menyenangkan!Aneh ya…saya, kita tidak kenal mereka. Tetapi, mendengar berita pasangan Bin Jin berlayar sama seperti mendengar seorang teman yang sedang jadian atau menikah, terlebih gegara: CINTA LOKASI.

Oke, dari tulisan ini hanya ingin menyampaikan, semoga banyak-banyak pasangan baru di tahun baru. Banyak-banyak harapan baru. Ada satu cuitan twitter yang lucu intinya begini: semoga tahun baru genre hidup berganti menjadi genre romantic-comedy….
AAMIIN….paling serius.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Harus Bicara

Jika Biaya Kuliah Mahal, Apa yang Harus Kita Jual? (Mengintip Kebijakan UKT Universitas Brawijaya)

Antropologi ditengah Pasar