[Pengumuman] Progress UAS Menulis Kreatif Antropologi TA 2020/2021 Per 9/12

 

Dear all, semoga dalam keadaan sehat selalu.


Berikut mas dan mba..

saya ingin menyampaikan progress naskah UAS MKA per tanggal 9/12

Terimakasih saya sampaikan ke kalian berikut (ini hanya daftar tanpa urutan tertentu) kalian yang sudah mengembalikan revisi tahap I, sudah submit naskah sejak tanggal 7/12

Adinda

Alya

Nadia

Icksan

Bismo

Nada

Zhara

Ulfa


Tulisan mereka sudah saya baca dan silahkan diperiksa kembali di drive untuk ditindaklanjuti. Terlepas dari luas-sempit-dalam-permukaan (tulisan mahasiswa kan masing-masing berbeda). 

Saya anggap kalian yang sudah mengumpulkan revisi tahap I ini naskahnya berhak saya baca terlebih dahulu (menandakan saya berkomitmen & menyediakan waktu prioritas untuk project kelas ini). 

Saya harap Pemimpin redaksi kalian juga memberi contoh sebagai leader (minimal merespon/ konfirmasi/sudah selesai mengerjakan revisi) sehingga teman-temannya teryakinkan keseriusan [project] UAS ini. Mengingat waktu yang terus berjalan. 

Dan, saya jelas memperhatikan dan mengamati you-know-who yang belum mengumpulkan naskah hingga detik ini. Tentunya ada konsekuensi dan nilai berbeda bagi mereka. Fair ya? Jika ada kesulitan dll, silahkan bertanya atau mau protes dll, hp saya terbuka asal sebutkan nama, tema tulisan apa dan menghubungi office hour.   

Saya harap pula, per tanggal 14/12 hari Senin, pertemuan terakhir kita bisa diagendakan sharing dan briefing terutama yang akan menjadi editor+layouter. Tentu harus ada arahan bagaimana caranya menyunting. Dengan demikian, asumsinya supaya efekti,  hari Senin tsb naskah sudah terkumpul 100% fix siap disunting. Tapi kita tidak tahu, apakah semua naskah hanya cukup dengan 1x revisi?

Revisi itu dikerjakan dengan rasional. Dikerjakan sesuaikan selama itu bisa dijangkau. Kalau data kurang apa harus ke lapangan? Kalau informan tidak mau diwawancara apa harus ganti topik sedangkan waktu [deadline] terus berjalan? Mahasiswa sudah [dianggap] dewasa bisa memilih dan mempertimbangkan.

Untuk itu, tentu harus ada kerjasama supaya teman-teman editor ini dati tanggal 14/12-(paling tidak 3-4 hari) melakukan menyunting naskah. Kemudian dioper ke tim layout. Layout juga memerlukan waktu. Apa bisa sanggup selesai tanggal 23/12? 

Matakuliah berakhir tidak membuat kalian langsung mahir menulis. Tahu sendiri kan, menulis itu proses, melibatkan waktu, komitmen, mental dsb. Karena ini project. Tentu membutuhkan team work, komitmen bersama dan empati. Bukan hanya hard skill, tapi juga soft skill. Bayangkan kalau temannya yang mendapat ya nulis [ya jobdesk edit layout] harus pontang panting begadang, butuh waktu karena efek teman kontributor terlambat submit dan revisi? Nah, disini Pemimpin redaksi harus hadir.

Saya sudah membuat unggahan di GC untuk UAS MKA yang tertera tanggal pengumpulannya adalah tanggal 23/12.  Silahkan BERUSAHA-BERPROSES semaksimal mungkin. Kalau misalnya tidak memungkinkan, tidak menjangkau, kumpulkan naskahnya sebagai individu yang layak dan siap diajukan untuk nilai UAS. Ingat, ini opsinya setelah sudah berusaha, sudah mencoba [project] semaksimal mungkin.

Ini bukan soal peraturan membingungkan, tugas yang  berubah-ubah dsb. Tetapi menghadirkan alternative-opsi rasional demi mencegah, mengantisipasi keburukan di akhir demi kebaikan bersama.

Mohon maaf dan terimakasih.

Salam, 

Desember, 2020

Malang yang tidak terlalu dingin

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Harus Bicara

Jika Biaya Kuliah Mahal, Apa yang Harus Kita Jual? (Mengintip Kebijakan UKT Universitas Brawijaya)

Antropologi ditengah Pasar